Review Laptop Asus TUF Gaming A15, Spesial Gaming dengan Performa Tangguh

Review laptop Asus TUF Gaming A15 AMD Ryzen 7. Laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen terbaru. Performanya tangguh, daya tahan baterai cukup memuaskan.

Buat kamu yang suka main game, kali ini ada penawaran menarik dari ASUS yang menghadirkan laptop varian gaming dengan harga lumayan terjangkau. Tahu sendiri kan laptop gaming harganya berapa? Nah, biar tidak penasaran kamu bisa simak review Laptop Asus TUF Gaming A15 berikut ini.

Sebagai bocorannya, laptop gaming ini sudah dibekali dengan prosesor AMD paling tangguh, yaitu yang berasal dari seri Ryzen 4000. Inilah prosesor pertama di dunia yang dalam pembuatannya menggunakan teknologi 7 nanometer.

Review Laptop Asus TUF Gaming A15

Spesifikasi Laptop Asus TUF Gaming A15

Dari bocoran yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu tahu bahwa teknologi yang diterapkan rupanya memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah lebih hemat energi dan memiliki performa yang lebih tinggi dari versi sebelumnya. Adapun untuk spesifikasi utamanya adalah seperti berikut:

  • Prosesor : AMD Ryzen 7 4800H
  • OS : Windows 10 Home
  • Memori : DDR4 3200MHz SDRAM, 2x SO-DIMM up to 32GB DSRAM
  • Display : 15.6”, FHD (1920×1080) 144 Hz Anti Glare, IPS Panel
  • Grafis : NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6
  • Penyimpanan : 256GB / 512GB / 1TB
  • Konektivitas : WiFi 5, Bluetooth 5.0
  • Konektor : 2x USB-A 3.2, 1x USB-C 3.2, 1x USB-A 2.0, 1x Combo audio jack, 1x HDMI, 1x RJ45 LAN jack, 1x AC adaptor plug.
  • Audio : DTS:X Ultra
  • Baterai : 90 Wh
  • Warna : Eclipse Grey
  • Bobot : 2,3 kg

Review Laptop Asus TUF Gaming A15 AMD Ryzen 7 4800H

ASUS TUF Gaming A15 bisa kamu jadikan pilihan yang menarik untuk menemani serunya bermain game. Dengan spesifikasi yang cukup tinggi, kamu bisa menikmati semua permainan dengan lebih maksimal. Untuk tahu lebih jauh bagaimana desain dan performanya, langsung simak ulasan berikut.

Desain

Desain yang dihadirkan pada seri laptop gaming ini terlihat keren tanpa menampilkan logo ASUS tapi sudah berupa logo TUF Gaming. Meskipun logo yang disematkan tidak menyala, namun tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan di waktu mendatang.

Meskipun belum segarang ROG, tapi setidaknya aura gamers yang disajikan sudah sangat kuat. Untuk sasisnya sendiri terbuat dari bahan metal sehingga dari segi strukturnya jauh lebih kuat, tidak heran jika kemudian lolos dalam sertifikasi dalam military grade.

Sementara pada kelengkapan port sudah dibekali dengan berbagai macam pilihan layaknya ROG. Diantaranya adalah port USB-A dan USB-C, HDMI dengan ukuran penuh serta tidak ketinggalan combo audio jack.

Kalau untuk sistem pendinginan, laptop ini sudah didesain sedemikian rupa yang memungkinkan terjadinya pembuangan udara panas secara maksimal. Terutama dengan adanya kelengkapan kipas dengan teknologi anti-dust yang bekerja secara optimal.

Sistem pendinginan pada laptop gaming ini semakin maksimal dengan ventilasi heksagonal pada bagian belakang yang mampu meningkatkan proses pendinginan. Cara ini akan membuat kamu semakin nyaman saat bermain game bahkan dalam waktu yang lama.

Display

Laptop gaming ini dibekali dengan layar berukuran 15” dengan resolusi Full HD. Menariknya lagi, layar sudah mendukung adaptive sync dan refresh rate 144Hz. Kalau sudah begitu, kamu jadi semakin nyaman dalam menuntaskan permainanmu.

Yang menjadi persoalan adalah tingkat detail warnanya yang dianggap masih kurang maksimal, karena hanya sebesar 60% sRGB. Jika dibandingkan dengan seri ROG Zephyrus tentu masih tertinggal jauh.

Untuk ukuran bezel yang berada di samping layar memang sudah tipis, sedangkan bagian atasnya sedikit tebal karena menjadi tempat webcam yang bisa kamu manfaatkan untuk streaming maupun casting.

Keyboard dan Touchpad

Untuk review laptop Asus TUF Gaming A15 selanjutnya terkait dengan keyboard dan touchpad. Perlu diketahui bahwa tombol WASD pada keyboard memiliki warna yang transparan seperti kepunyaan ROG Strix. Untuk pengaturan backlit dan warna bisa diatur dengan Armoury Crate.

Untuk mengatur kecepatan kipas kamu bisa menggunakan keyboard. Untuk pekerjaan yang produktif kamu bisa mengatur Performance sedangkan untuk bermain game bisa menggunakan Turbo. Kalau kamu ingin menikmati Netflix gunakan Silence biar makin mantap.

Sementara pada bagian touchpad tidak tersedia fingerprint sensor layaknya VivoBook, ExpertBook maupun ZenBook. Yang digunakan adalah tombol klik kanan dan kiri yang cukup mantap saat ditekan.

Audio

Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan TUF Gaming FX505, maka pada laptop TUF Gaming 15 ini sudah mengalami upgrade. Untuk speakernya sendiri sudah didukung DTS:X sehingga suara yang dihasilkan terdengar jauh lebih realistis.

Jika kamu perhatikan, suara speaker terdengar lebih keras dengan kualitas bass yang lebih dalam. Fitur yang disematkan pada speaker ini juga memungkinkan kamu untuk menikmati suara surround yang lebih realistis. Pastinya sangat penting ketika kamu sedang main game.

Performa

Review Asus TUF A15 berikutnya akan membahas performa. Pada pengujian laptop Asus TUF Gaming A15 ini prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen 4800H dengan 8 core dan 16 thread. Terlihat bahwa kecepatan yang dihasilkan cukup bervariasi, dari 2.9GHz –  4.2GHz.

Sementara dalam pengujian pada kondisi multi core, hasilnya bahkan mampu melampaui kinerja prosesor Intel Core i7 – 10750H yang terbaru. Meskipun secara umum performanya belum optimal, tapi Asus sudah menyediakan slot ekstra untuk keperluan upgrade RAM.

Kalau untuk performa grafis, laptop yang dibekali Nvidia GeForce RTX2060 ini mampu menunjukkan performa yang luar biasa. Bahkan berdasarkan pengujian benchmark hasilnya terbilang tinggi.

Jadi game apapun bisa dimainkan tanpa kendala, meskipun secara spesifik berlaku untuk game-game tertentu. Apalagi dengan dukungan penyimpanan berbasis SSD dengan kapasitas 512GB, tentunya akan memberikan pengalaman game yang cukup menyenangkan.

Review Laptop Asus TUF Gaming A15 Daya Tahan Baterai

Jika dibandingkan pendahulunya, TUF Gaming A15 memang lebih ringkas. Tapi baterai yang disematkan jauh lebih besar. Dengan baterai 90 Wh, kamu bisa bermain game sepuasnya secara intens. Tentunya hal ini menjadi kelebihan tersendiri yang patut dipertimbangkan.

Kelebihan Laptop Asus TUF Gaming A15

Untuk segmen laptop gaming, Asus TUF Gaming A15 ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau meskipun performanya terbilang bagus. Agar kamu semakin mantap dengan pilihanmu ini, berikut adalah beberapa kelebihan Asus TUF Gamin A15 yang layak dipertimbangkan:

  • Dibekali dengan prosesor AMD Ryzen dari generasi terbaru.
  • Menunjukkan performa gaming yang powerful karena didukung Nvidia GeForce GTX.
  • Memiliki ukuran layar 15” dengan refresh rate hingga 144Hz.
  • Kapasitas baterai lumayan besar yaitu 90 Wh.
  • Lolos dalam uji ketahanan standar militer.
  • Dilengkapi dengan teknologi fast charging.

Kekurangan Laptop Asus TUF Gaming A15

Kelebihan laptop Asus TUF Gaming A15 memang patut diperhitungkan, tapi kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangannya seperti berikut ini:

  • Pada game yang berat suhu yang dikeluarkan terlalu tinggi.
  • Suara kipas cenderung berisik.
  • Tidak dilengkapi card reader maupun sensor biometrik.

Harga Laptop Asus TUF Gaming A15

Kira-kira berapa harga laptop Asus TUF Gaming A15? Untuk harganya sendiri cukup bervariasi tergantung tipe prosesor yang disematkan. Namun secara umum, harga yang ditawarkan untuk laptop gaming ini mulai dari Rp15.799.000 dengan garansi 2 tahun.

Dari semua review Laptop Asus TUF Gaming A15 yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa TUF Gaming A15 merupakan laptop dengan performa yang luar biasa. Meskipun belum sesempurna Zephyrus ataupun Strix, namun dengan harga yang ditawarkan hal itu dianggap wajar.

San

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Review Laptop Asus TUF Gaming A15, Spesial Gaming dengan Performa Tangguh yang dipublish pada September 23, 2022 di website Teknologi

Artikel Terkait

Leave a Comment